English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 08 Maret 2011

Sholat Sesuatu Yang Tidak Penting ??


“ Sholat adalah sesuatu hal yg tidak PENTING !? ”
kecuali untuk orang yang BERSYUKUR dan beriman

Kenapa fokus kepada kata BERSYUKUR…???
  • Karena dengan sholat-lah ‘media’ kita untuk bersyukur kepada Allah SWT.
Analogi sederhana

Saat kita masih kecil, dibelikan ayah mainan, apa yang kita lakukan? Kita pasti akan memeluk ayah kita degan perasaan haru dan riang dengan tak lupa mengucapkan kata “terimakasih ya ayah !! aku sayang ayah…”
  • Saat kita sekolah SD, kita naik kelas, dapat rangking yg bgus, apa yg kita lakukan? Kita pasti akan berusaha membelikan kado terindah untuk Bpk/Ibu Guru kita, dgn tak lupa mengucapkan kata “terimakasih ya Bpk/Ibu Guru atas segala ilmu bermanfaat yg telah kami dapatkan..”
  • Tapi apa yang sudah kita lakukan untuk mensyukuri nikmat-karunia Allah yang telah diberikan kpda kita?
 [BIG QUESTION?]

Aku gak pernah dapat apa-apa dari Allah!

Pernah mungkin kita berpikir dalam hati, dari dulu sampai sekarag aku masih begini-begini aja. 
Apanya yg harus disyukuri?? Knpa aku harus sholat?? Penting ya sholat??

Coba renungkan, degan tidak terjadi sesuatu appun dengan kita [baca: Sehat], itu sebenarnya merupakan nikmat-karuniaNya untuk kita [sederhana sekali bukan??]

Coba renungkan sejenak
  • Bilamana dicabut nikmat melihat kita oleh Allah. Masih bisakah kita melihat, memandang, dan mengagumi keagungan ciptaanNya?
  • Bilamana dicabut nikmat mendengar kita oleh Allah. Masih bisakah kita mendengar lantunan merdu ayat-ayat suciNya, masih bisakah kita mendengarkan seruan adzan yang memanggil kita untuk menghadapNya?
  • Bilamana dicabut nikmat berbicara kita oleh Allah. Masih bisakah kita melantukan puji-pujian padaNya, masih bisakah kita melafalkan ayat-ayatNya yang dapat menenteramkan hati dan jiwa?
  • Dan sadarkah kita, setiap hembus nafas kita adalah kuasaNya? Dan apa yang terjadi jika Allah mencabut semua nikmat-karuniaNya kepada kita?
  • Masihkah kita tidak BERSYUKUR??
 Renungkan pula yg ini
  • Bila kita sakit, apakah kita ingin cepat sembuh? Pasti kita sepakat menjawab, Iya!
  • Bila kita menginginkan sesuatu hal, apakah kita ingin semua itu cepat terwujudkan? Pasti kita sepakat menjawab, Iya!
  • [Sebuah analogi sederhana], ada penjual nasi uduk langganan kita yang buka tepat jam 5 pagi, sementra itu kita datang ke tempatnya jam 6 , ternyata di sana sudah banyk antrian pembeli yang tidak sabar minta dilayani. Hampir dikatakan kita ada di antrian terakhir. Apa kemungkinan yg akan terjadi? Bisa jadi kita masih lama dilayani, bisa jadi pula kita hanya mendapat sisa-sisa, dan bahkan kita tidak kebagian karena nasi uduk itu sudah habis!!
  • Bagaimana jika itu terjadi terhadap kita saat di hadapanNya? Kita ingin kesehatan, kita ingin kemuliaan, kita ingin limpahan rizkiNya, kita ingin semua yg kita harapkan dapat cepat terwujudkan, tapi kita selalu ‘terlambat’ untuk menghdapNya, kita selalu berada di barisan terakhir untuk memohon kepadaNya, karena kita selalu menunda waktu sholat kita.
Apapun bentuk nikmat-karuniaNya, kita harus BERSYUKUR kepada Allah SWT, dengan menunaikan sholat, bersedekah, amar ma’ruf nahi munkar, berbuat baik kepada sesama, dan senantiasa menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Dan masihkah kita tetap tidak sholat?? masihkah kita bolong-bolong sholatnya?? Dan masihkah kita ingin menunda-nunda waktu sholat kita??

Mari kita belajar bersama, mulai dari sekarang, tekadkan untuk menjadi insan yang lebih baik dan bertakwa, amin

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nimat-Ku sesungguhnya azab-Ku amat pedih. Ibrahim (14):7

Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Al-Ankabut (29):45

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan sholat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Thaha (20):132

Tidak ada komentar:

Posting Komentar